Senin, 18 Agustus 2014

indonesia

INDONESIA

Indonesia terkenal banget sama letaknya yang tepat di garis katulistiwa, banyaknya suku yang ada, beragam budaya, negara berkembang yang banyak bencana, serta macam-macam kuliner yang sangat istimewa.Sayang banget kalo budaya itu juga banyak dicuri oleh negara lain. Ini kan yang dinamakan GLOBALISASI? bukaaaaaaaaaaaaaaaan lah ! gue salah satu remaja masa kini yang mungkin agak nggak "peduli" masalah gituan tapi gue ikutan miris dan prihatin juga loh.Setelah gue survey dari beberapa daerah dan muacem-macem acara, ternyata . .

1. Stand-up comedy sama ludruk tuh hampir sama looh.Mungkin bedanya cuma dari bahasanya dan jumlah pemain, kalo stand-up comedy tuh kebanyakan pake bahasa indonesia dan ludruk murni pake bahasa jawa.stand-up comedy kebanyakan sendiri dan ludruk tuh ada yang satu kelompok.Nah, baru kemarin gue paham sama acara ludruk ini, ternyata gue sadar kalo ludruk tuh 100% lebih lucu daripada stand-up comedy.

2. Dance sama tarian tradisional.Kalo setiap hari kalian liat dance sama tarian, kalian pasti lama-kelamaan bosen liatnya. kebanyakan gerakan serta ketukan yang ada hampir sama, cuman mungkin ada beberapa improvisasi yang ditambahkan.Tapi gue sebagai anak bangsa tuh buangga kalo liat tarian tradisional, keren wah ! dari kostum dan gerakan yang lihai dari pemain aja bisa bikin kalian terharu kalo kalian tau perkembangan budaya. *alay?

3. Pementasan wayang sama pementasan boneka tangan.Itukan hampir mirip toh? bedanya ya karakter wajah dan jalan ceritanya. Emang wajah-wajah indonesia tuh berkarakter banget sampe keliatan khasnya. Khas ndeso lan medok :)

4. Seriosa sama sinden kan juga hampir mirip. Kesamaannya itu sama-sama nyanyi pake nada tinggi :D *ngawur. Isinya juga hampir sama, sama-sama nggak gue mudengin

sebenernya masih banyak lagi budaya-budaya yang belum kita kenal dan belum kita pahami.So, rawat budaya yang ada disekitarmu, itu aset bangsa yang nggak ada nilainya, itu salah satu warisan nenek moyang kita, dan itu adalah kebanggaan kita.Gimana kita nggak dihina dan diinjak-injak sama orang asing, buat jaga milik kita aja susah .-. gimana buat? mereka pasti mikir kalo kita nggak bakalan MAMPU.

the end, maaf kalo ada sesuatu yang bikin kalian kurang nyaman baca post ini.Post ini murni hanya untuk mendorong semangat para remaja supaya mereka mau menjaga dan mencintai budaya yang dimiliki bangsanya :) thanks for reading

Tidak ada komentar: